Pengertian, ciri ciri dan struktur teks eksposisi

Teks Eksposisi adalah salah satu diantara bentuk tulisan atau karangan yang isinya berusaha untuk menjelaskan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut dengan gaya penulisan yang singkat, padat serta jelas.
Ciri Ciri Teks Eksposisi :
1.       Berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran
  1. Bahasa yang digunakan ialah bahasa yang informatif
  2. Penyampaian isinya secara gamblang, lugas dan penggunaan bahasa yang baku
  3. Menjelaskan berbagai informasi-informasi berbasis pengetahuan
  4. Bersifat objektif atau netral maksudnya tidak memihak siapapun. Bisa juga tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  5. Penjelasannya disertai data-data yang bisa dipertanggung jawabkan dan akurat
  6. Menunjukkan sebuah fakta yang berfungsi sebagai alat konkritasi dan kontribusi

Struktur Tek Eksposisi

1. TESIS ATAU PERNYATAAN PENDAPAT
1.      Bagian pertama pada teks eksposisi adalah tesis yang memuat pandangan atau prediksi penulis. Atau juga bisa Tesis ialah bagian teks eksposisi yang memuat isi berupa sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan dibahas topiknya.
2.      Pastinya suatu tesis berdasarkan dari sebuah bentuk pernyataan yang nantinya akan didukung dengan sebuah argumen. Pada umumnya tesis berada di awal teks eksposisi, meskipun terkadang ada kemungkinan kita bisa juga menemukannya pada bagian akhir suatu teks eksposisi. Tesis sangatlah penting untuk merangkai contoh teks eksposisi

2.  ARGUMENTASI
1.      Argumentasi dalam teks eksposisi terdiri atas kalimat-kalimat yang memuat argumentasi pendukung tesis yang telah disampaikan oleh penulis pada bagian pendahuluan.
2.      Ciri-ciri argumentasi yang baik adalah argumentasi yang mengungkapkan satu sisi argumentasi, berisi argumentasi dan penjelasan untuk mendukung pandangan atau perkiraan dalam tesis, menyertakan bukti pendukung dan hasil data yang diraih.
3.      Pada prakteknya, argumentasi juga dapat dipakai untuk menyanggah bahkan menolak suatu pernyataan dari pihak lain.

3. PENEGASAN ULANG PENDAPAT
1.      Dalam bagian penegasan ulang pendapat berisikan pernyataan pandangan atau prediksi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang memuat fakta-fakta dalam argumentasi

2.      Bagian ini adalah suatu kesimpulan yang memberikan penegasan kembali dari tesis yang didiskusikan di awal teks eksposisi dan pendukung argumentasi yang disertakan dengan fakta.

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi