Pengertian Jurnal

      Jurnal iyalah trnasaksi transaksi keuangan suatu badan usaha yang dicatat berdasarkan dokumen dokumen pembukuan yang bertujuan untuk pendataan . jurnal dikenalkan juga sebagai buku pemasukan utama katena menjadi tempat terjadinya pencatatan transaksi pertama atau menyesuaian pemasukan pransaksi transaksi.
      Kemudian pengertian jurnal dapat juga dijabarkn sebajai suatu terbitan yg di terbitkan dalam waktu yang berkala. jadi, jurnal iyalah suatu buku atau catatan transaksi transaksi keuangan yang secara kronologis dan sistrmatis digunakan dengan menuliskan akun yang harus di debit dan di kredit. Dalam hal ini, artinya sumber pencatatan ke dalam jurnal adalah bukti, serta pencatatan transaksi dilakukan secara berurutan ( kronologis ) sesuai tanggal terjadinya transaksi. sistematis artinya pencatatan yang dilakukan dengan mengikuti aturan mendebit dan mengkredit akun. selain itu, setiap transaksi dicatat secara berpasangan kedalam debit dan kredit ( double entry accounting ), dan jumlah debit dengan jumlah kredit harus sama / seimbang. jurnal iyalah catatan akuntansi pertama setelah bukti transaksi. jurnal digunakan sebagai dasar untuk melakukan postingan ke akun di  buku besar.
      Dalam siklus akutansi perusahaan, jurnal, merupakan kegiatan pencatatan dasar sebelum posting akun di buku besar . dengan demikian , bila terjadi kesalahan dalam mebuat jurnal, mengakibatkan akun di buku besar juga salah , sehingga laporan keuangsn pun pada akhirnya juga salah. ayat ayat jurnal merupakan pendebitan dan pengkreditan akun yang terlibat dalam suatu transaksi.
     kita perlu melakukan proses pencatatan dalam  buku jurnal karena dengan jurnal kita dapat mengetahui hal hal sebagai berikut :
1. dianalisis apakah itu akan berakibat bertambahnya atau berkurangnya satu atau lebih perkiraan
2. dianalisis jumlah yang harus dicatat kepada satu perkiraan atau lebih
3. dianalisis apakah satu atau lebih perkiraa di debet atau kredit
4. dianalisis bahwa akibat suatu transaksi jumlah jangka rupiah yang harus di debet dengan yang harus di kredit harus sama
5. dapat dibuat tanda reference bahwa suatu jumlah telah di posting .

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi