Pengertian laporan keuangan


                Dalam upaya untuk membuat keputusan yang rasional, pihak eksterm perusahaan maupun pihak intern perusahaan seharusnya menggunakan suatu alat yang mampu menganalisis laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan yang bersangkutan. Di bawah ini yang merupakan definisi laporan keuangan dari beberapa ahli, antara lain :
                Berikut merupakan definisi laporam keuangan dari beberapa sumber, yaitu :
1.       Dalam Standar Akuntansi Keuangan ( PSAK) Laporan keuangan iyalah :
“ laporan yang menggambarkan dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya”. (IAI, 2002 : par 47 )
2.       Menurut Sofyan S. Harap, dalam buku Analisa Kritis atas Laporan Keuangan (2006:105)
Laporan keuangan iyalah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu”

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Laporan Keuangan adalah :
1.       Merupakan produk akuntansi yang penting dan dapat digunakan untuk membuat keputusan keputusan ekonomi bagi pihak eksternal perusahaan.
2.       Merupakan potret perusahaan, yaitu dapat menggambarkan kinerja keuangan maupun kinerja menejemen perusahaan, apakah dalam kondisi baik atau tidak.
3.       Merupakan rangkaian aktivitas ekonomi perusahaan yang diklasifikasikan, pada periode tertentu.
4.       Merupakan ringkasan dari suatu proses transaksi transaksi keuangan yang terjadi selama periode yang bersangkutan.
Pihak pigak yang berkepentingan terhadap posisi dan kondisi keuangan, sangat membutuhkan informasi keuangan yang dapat diperoleh dari laporan keuangan. Informasi tersebut disusun dan disajikan perusahaan dalam bentuk neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan laporan arus kas.
Informasi tersebut sangat diperlukan oleh pihak pihak yang go public dalam persiapannya untuk melakukan penawaran umum karerna salah satu syarat perusahaan yang go public iyalah harus menyerahkan laporan keuangannya selama dua tahun terakhir yang sudah di periksa oleh akuntan public. Penyusunan laporan keuangan disiapkan mulai dari berbagai sumber data, terdiri dari faktur faktur , bon bon, nota kredit, salinan faktur penjualan, laporan bank dan sebagainya. Data yang asli bukan saja digunakan untuk mengisi buku perkiraan, tetapi dapat juga dipakai untuk membuktikan keabsahan transaksi.
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa laporan keuangan merupakan hasil tindakan pembuatan ringkasan data keuangan perusahaan, Laporan keuangan terdiri dari 4 laporan dasar, yaitu :
1.       Neraca, menunjukan posisi keuangan yang meli[uti kekayaan, kewajiban, seryta modal pada waktu tertentu.
2.       Laporan rugi-laba, menyajikan hasil usaha perusahaan yang meliputi pendapatan dan biaya
 ( beban ) yang dikeluarkan sebagai akibat daei pencapaian tujuan dalam suatu periode tertentu.
3.       Laporan perubahan modal/laba ditahan, yang memuat tentang saldo awal dan skhir laba didalam dalam neraca untuk menunjukan suatu analisa perubahan besarnya laba selama jangak waktu tertentu.
4.       Laporan arus kas, memperlihatkan aliran kas selama periode tertentu, serta memberikan informasi terhadap sumber sumber kas serta penggunan kas dari setisp kegitan dalam periode yang dicakup.

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi