Sejarah Akuntansi

      Akuntansi iyalah suatu ilmu yang didalamnya berisi bagaimanamanusia berfikirsehingga menghasilkan suatu kerangka pemikiran konseptual tentang prinsip, standar, asumsi, teknik, serta prosedur yang ada dijadikan landasan dalam pelaporan keuangan. Pelaporan keuangan tersebut harus akurat, dapat dipertanggung jawabkan, serta berisi informasi informasi yang berguna dalam memantau pengambilan keputusan bagi para pemakainya.
      Dalam kehidupan sehari hari tanpa kita sadari, sesungguhnya kita telah menggunakan jasa akuntansi. Ketika seorang pemilik warung mencatat pembelian barang dagangannya, mencatat siapa saja berhutang diwarungnya, memisahkan kotak antara uang yang masuk dari hasil penjualan dengan kotak uang yang dialokasikan untuk belanjakebutuhan barang dagangan dan kebutuhan oprasional di warungnya. Maka, pada dasarnya pemilik warung tadi telah menerapkan theknikakuntansi. penerapan pengetahuan dibidang akuntansi tentu semakin luas dan kompleks jika dihadapkan pada bisnis dengan skala yang lebih besar.
      Seperti ilmu ilmu lainnya, ilmu akuntansi juga berkembang sesuai perkembangan teknologi dan perdaban manusia. selain itu, faktor kebutuhan juga ikut serta dalam perkembangan akuntasi itu sendiri. Akan tetapi, baik akuntansi maupun ilmu ilmu lain tidak berkembangnya dengan sendirinya tanpa adanya hal yang cukup berarti yang dapat mendorong akuntansi tersebut berkembang dan bertahan hingga sekarang.
      Pada dasarnya akuntansi itu sama yaitu sarana bagi menejemen untuk mengkomunikasikan posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan kepada pihak yang berkepentingan. Akuntansi menyediakan informasi bagi pasar modal pasar modal besar, baik domestik maupun internasional. Awalnya, akuntansi dimulai degan sistem pembukuan berpasangan ( double entry bookkeeping ) di italia pada abad ke 14 dan Lucalah adalah orang yang pertama sekali mempublikasikan prinsip prinsip dasar double accounting system dalam bukunya berjudul :  Summa the arithmetica geometria proportioni et propotionalita di tahu 1494. Banyak ahli sejarah yang berpendapat bahwa prinsip dasar double accounting system bukanlah ide murni. Luca tetapi dia hanya merangkum praktek akuntansi yang berlangsung pada saat itu dan mempublikasikannya.
      Paruh Pertama abad 20, seiring tumbuhnya keuatan ekonomi Amerika Serikat, kerumitan masalah akuntansi muncul bersamaan. Kemudian Akuntansi diakui bagai suatu disiplin ilmu akademis tertsendiri. Setelah perang dunia ke II, pengaruh akuntansi semakin terasa didunia barat . Bagi banhyak negara, akutansi merupakan masalah nasional dengan standar dan praktek nasional yang melekat erat dengan hukum nasional dan aturan propesional.

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi