Sejarah dan Perkembangan Akuntansi Indonesia

      Di Indonesia, akuntnsi muli di terapkan sejak 1642, tetapi jejak yang jelas baru ditemui pada pembukuan Amphion Socienty yang berdiri di Jakarta sejak tahun 1747. Perkembangan akuntansi yang mencolok baru muncul setelah undang undang mengenai tanam tanam paksa dihapuskan tahun 1870. Dengan dihapuskannya tanam paksa , kaum pengusaha belanda banyak bermunculan di Indonesia untuk menanamkan modalnya. Sistem yang dianut oleh pengusaha belanda ini adalah seperti yang diajarkan oleh Luca Pacioli.
      Pada masa penjajahan belanda , persahaan prusahaan di indonesia menggunalan tata buku. Akuntansi tidak sama dengan tata buku walaupun asalnya sama sama dari pembukuan berpasangan. Akuntansi sangat luas ruang lingkupnya, diantaranya teknik pembukuan. setelah tahun 1960 akuntansi car amerika ( anglo sakon ) mulai diperkenalkan di indonesia. jadi, sistem pembukuan yang dipakai di indonesia berubah dari sistem eropa ( kontinental ) ke sistem amerika ( Anglo sakon )
      Fungsi pemeriksaan ( auditting ) mulai di kenalkan di indonesia tahun 1907, yaitu seorang anggota NIVA. Van Schagen, menyusun dan mengontrol pembu2kaan perusahaan. Pengiriman Van Schagen ini merupkan cikal bakal dibukanya jawatan akutansi negara ( GAD - Government Accountant Dients ) yang resmi didirikan pada tahun 1915. Akuntan publik pertama iyalah Frese & Hogeweg, yang mendirikan kantornya di Indonesia tahun 1918.
      Dalam masa pendudukan Jepang . Indonesia sangat kekurangan tenaga di bidang akuntansi. jabatan jabatan pimpinan di jawatan keuangn yang 90 % dipegang oleh bangsa Belanda, menjadi kosong.Dalam masa ini, atas praaksara Mr. Slamet, didirikan kursus kursus untuk mengisi kekosongn jabatan tadi dengan tenaga tenaga indonesia. pada tahun 1874. hanya ada seorang akuntansi berbangsa indonesia. yaitu prof. Dr Abutari. Di Indonesia , pendidikan akuntansi mulai dirintis dengan dibukanya jurusan akuntansi di Fakultas Ekonomi Unifersitas Indonesia tahun 1952. Pembukuan ini kemudian diikuti institut ilmu keuangan ( sekarsng sekolah tinggi akutansi negara ) tahun 1960 dan fakultas falkutas ekonomi di universitas padjajaran ( 1961 ) , universitas sumatra utara( 1964 ), universitas airlangga ( 1962 ) dan universitas gadjah mada ( 1964 ).
      Organisasi profesi yang menghimpun para akuntan indonesia berdiri 23 desember 1957. Organisasi ini diberi nama Ikatan Akuntansi Indonesia ( IAI ) dengan pendiri 5 orang akuntan Indonesia. Profesi akuntan mulai berkembang dengan pesak sejak tahun 1967. Pada tahun itu juga dikeluarkan undang undang modal penanam modal dalam negri tahun 1968 yang merupakan pendorong berkembangnya profesi akuntansi. Setelah krisis ekonomi indonesia tahun 1997, peran profesi akuntan diakui semakin signifikansi mengingat profesi ini memiliki peranan strategi di dalam menciptakan iklim transparan di Indonesia.
     

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi