Bentuk bentuk komunikasi


Pesan atau berita yang disampaikan dalam berkomunikasi bisa dalam berkomunikasi bisa dalam berbagai bentuk. Dimana bentuk pesan ini akan mempengaruhi pilihan saluran/media yang cocok digunakan untuk menyampaikan berita tersebut. Ada tiga macam bentuk berita:
a. Berita yang bersifat Audible

Berita yang bersifat Audible adalah berita yang dapat didengar, baik langsung maupun tidak langsung misalnya melalui sarana telepon, radio, lonceng, ataupun sirine.
b. Berita yang bersifat Visual

Berita yang bersifat Visual adalah berita yang dapat dilihat, yang berbentuk tulisan, gambar-gambar, poster serta tanda-tanda seperti sinar lampu, bendera.

c. Berita yang bersifat Audio-Visual
Berita yang bersifat Audio-Visual adalah berita yang dapat didengar dan dilihat, baik melalui televise, film, pameran maupun kesenian.
Komunikasi juga mempunyai berbagai macam bentuk tergantung dari segi mana kita memandangnya, Dari segi penyampaian pesan komunikasi dibedakan menjadi secara lisan dan tertulis.
1.                  Dari segi kemasan pesan komunikasi dibedakan menjadi secara verbal (dengan berbicara) atau dengan non verbal (dengan bahasa isyarat)
2.                  Dari segi kemasan keresmian pelaku komunikasi, saluran komunikasi dibedakan menjadi bentuk formal dan non formal

3.                  Dari segi pasangan komunikasi komunikasi dibedakan menjadi komunikasi intrapersonal dan interpersonal 

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi