Pengertian dan jenis jenis Kompetensi
Pengertian
Kompetensi
Seiring dengan persaingan bisnis yang
semakin tajam dan perubahan lingkungan yang sangat drastis pada setiap aspek
kehidupan manusia, maka setiap organisasi membutuhkan sumber daya manusia yang
memiliki kompetensi di bidangnya sehinga dapat memberikan output yang terbaik
bagi organisasi/ perusahaan. Dengan kata lain organisasi tidak hanya mampu
memberikan pelayanan yang memuaskan, tetapi juga berorientasi pada nilai. Dalam
hal ini kompetensi berarti memiliki kemampuan secara profesional sehingga mampu
melaksanakan tugas dengan baik dan menghasilkan hasil akhir berdasarkan pada
mutu yang standar yang telah di tetapkan.
Menurut kamus Besar
Bahasa Indonesia pengertian kompetensi adalah kemampuan atau kecakapan,
sedangkan berdasarkan surat keputusan Mendiknas nomor 045/U/2002, kompetensi
adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang di miliki
seseorang sebagai syarat untuk di anggap mampu oleh masyarakat dalam
melaksanakan tugas-tugas dibidang pekerjaan tertentu. Dengan demikian,
kompetensi berkaitan dengan karakteristik yang mendasari kemampuan seseorang
dalam bekerja.
Dalam rumusan yang lain kompetensi
merujuk pada keahlian atau pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kinerja yang
unggul. kompetensi terbentuk melalui individu/organisasi, keterampilan dan
kemampuan serta menyediakan kerangka kerja untuk membedakan antara kinerja yang
rendah dengan kinerja yang luar biasa. kompetensi dapat di terapkan pada
organisasi,individu tim dan pekerjaan serta tingkat fungsional. Kompetensi
merupakan kunci untuk efektivitas dalam pekerjaan.
Jenis
Kompetensi
Kompetensi dapat di bagi menjadi beberapa kategori berikut ini.
a. Core
Competencies/kompetensi utama
Kompetensi utama adalah sebuah kompetensi yang didefinisikan
sebagai kemampuan internal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis.
Kompetensi ini adalah kompetensi diharapkan dimiliki semua individu dalam
organisasi. Kompetensi ini mendefinisikan tentang nilai-nilai organisasi yang
paling di pahami oleh kebanyakan orang. tujuan bagi kompetensi bagi individu
adalah agar ia bisa bekerja dalam beragam posisi di dalam organisasi.
b. Threshold
competencies
Threshold Kompetencies adalah karakteristik setiap pemegang pekerjaan sehingga bisa
melakukan pekerjaan secara efektif, tetapi tidak dapat di gunakan seorang yang
berkinerja tinggi, rata-rata, atau rendah. Misalnya, penjual yang baik harus
memiliki kemampuan yang memadai tentang peroduk yang mereka jual, tetapi
pengetahuan ini tidak selalu cukup untuk memastikan performa penjualan mereka.
c. Differentiating
Copetencies
Differentiating
Copetencies adalah karakteristik yang
membedakan individu berkinerja superior dengan yang rata-rata. Differentiating
Copetencies tidak ditemukan dalam individu yang berkinerja rata-rata.
Misalnya individu yang bekerja di bidang desain memiliki Differentiating
Copetencies dalam mendesain yang membuatnya lebih unggul
Comments
Post a Comment