Unsur unsur komunikasi

Unsur-unsur Komunikasi

Seringkali komunikasi antara dua orang atau lebih tidak berjalan dengan baik karena mereka dapat saja menggunakan satu istilah atau kata yang sama, akan tetapi mempunyai arti yang berbeda. Hal yang pertama dilakukan adalah memahami bentuk dasar komunikasi. Karena seorang komunikator yang baik harus memiliki beberapa alat komunikasi yang menunjang dalam menyampaikan suatu pesan. Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam suatu komunikasi sehingga memiliki arti dan bisa menarik minat dan simpati dari para pendengarnya dan mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi seperti dalam kegiatan diskusi.
Untuk itu dalam proses komunikasi perlu memperhatikan unsur-unsur yang mutlak harus dipenuhi. Apabila salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak akan terjadi.Komunikasi meliputi 6 unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni :
1.    Komunikator = who [communicator, source, sender]
2.    Pesan = says what [message]
3.    Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
4.    Konteks = in what contexs
5.    Media = in which channel [channel, media]
6.    Efek [effect, impact, influence]

1.    Komunikator/Sender
Komunikator/sender/pengirim adalah orang yang menyampaikan isi pernyataannya kepada komunikan. Tanggung jawab dari seorang Komunikator/ sender/pengirim adalah:
a. Mengirim pesan dengan jelas
b. Memilih channel/saluran/media yang cocok untuk mengirim pesan
c. Meminta kejelasan bahwa pesan telah diterima dengan baik

Untuk itu komunikator dalam menyampaikan pesan/informasi/berita harus memperhatikan dengan siapa dia berkomunikasi, apa yang akan dia sampaikan, dan bagaimana cara menyampaikannya.

1.    Pesan/Messege
Pesan dapat diartikan sebagai sesuatu yang berupa gagasan, pendapat, informasi, atau instruksi yang disampaikan komunikator kepada orang lain atau dari satu lembaga ke lembaga lain, dari satu orang ke lembaga lain.
1.    Komunikan/Receiver

Komunikan/penerima adalah partner/rekan dari komunikator dalam bentuk komunikasi. Tanggung jawab penerima pesan adalah:
a. Berkonsentrasi pada pesan untuk mengerti dengan baik dan benar akan pesan yang diterima
b. Memberikan umpan balik (feedback) pada pengirim untuk memastikan pembicara/pengirim bahwa pesan yang telah diterima dan dimengerti.

1.    Konteks

Konteks komunikasi banyak dipengaruhi faktor psikologis dan fisikal, banyak konteks komunikasi yang sengaja dibuat untuk memungkinkan terjadinya komunikasi bisnis. Variabel konteks sangat penting dalam kegiatan dan proses komunikasi bisnis, karena konteks sangat mempengaruhi keberhasilan komunikasi.
1.    Saluran/Media/Channel

Media adalah saluran yang digunakan sebagai alat untuk mengirimkan pesan. Media ini dapat berupa telepon, faximile, surat, internet, e-mail dan lain sebagainya.
1.    Efek/Respon/Tanggapan

Digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan atau proses komunikasi. Variabel efek ini tidak selalu langsung terjadi atau dilihat hasilnya, tetapi terkadang tertunda dan membutuhkan waktu yang sulit dibatasi. Oleh karena itu, anda tidak usah terburu-buru untuk mengevaluasi bahwa komunikasi yang anda lakukan tidak berhasil atau belum berhasil.
Dalam praktek komunikasi, channel/media tidak selalu diperlukan oleh komunikator. Artinya komunikasi dapat dilakukan secara langsung tanpa medium, dimana isi pesan komunikator sampai pada komunikan tanpa melalui media dan feedback dari komunikan kepada komunikator juga tidak melalui media. Proses komunikasi ini disebut sebagai komunikasi langsung atau face to face/direct communication.
Terdapat beberapa ciri komunikasi face to face menurut Liliweri sebagaimana dikutip Endang Lestari dan MA Maliki yaitu:
a. Arus pesan cenderung dua arah
b. Konteks komunikasinya tatap muka
c. Tingkat umpan balik yang terjadi tinggi
d. Kemampuan mengatasi tingkat selektivitas terutama selective exposure tinggi
e. Kecepatan jangkauan terhadap audience yang besar relative lambat
f. Efek yang mungkin terjadi ialah perubahan sikap


Namun demikian, di era informasi saat ini. media komunikasi sebagai unsur yang sangat penting dalam menunjang kecepatan dan keakuratan penyampaian informasi, hendaknya dimanfaatkan secara optimal. Terdapat berbagai macam pilihan saluran komunikasi yang dapat dilakukan seperti melalui surat, laporan, telegram, sms, telepon, intercome, paging, konfrensi, orasi, faximile, e-mail, voice mail, teleconference dan sebagainya. Pemilihan media yang tepat akan menjadikan komunikasi lebih efektif. Dalam memilih media komunikasi hendaknya mempertimbangkan hal-hal seperti: kemampuan komunikan menangkap informasi, kemudahan, biaya, kecepatan informasi sampai pada komunikan, kecepatan mendapatkan feedback.

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi