pengertian komputer

A.    Pengertian Komputer
Kata computer berasal dari bahasa latin, comutare, atau dalam bahasa inggris, to compute, yang berarti menghitung. Akan tetapi, dengan berkembangnya pesat tegnologi informasi dan kumunikasi, pekerjaan menghitung hanya menjadi salah satu bagian dari proses pengolahan data untuk menghasilkan sebuah informasi. Definisi computer dapat juga disebut sebagai sistem computer. Sistem computer terdiri atas tiga komponen berikut.
1.      Hardwere ( perangkat keras )
Hardwere adalah peralatan yang dapt dilihat dan dijamah seperti :monitor, CPU, keyboard dan lain lain.
2.      Softwere (Perangkat lunak )
Softwere adalah program yang berisi perintah perintah untuk melakukan pengolahan data, seperti spredsheet, wordprocessor, dan bahasa pemrograman.
3.      Brainwere ( manusia )
Brainwere dalam sistem computer adalah manusia yang secara langsung terlibat di dalam pengoprasian dan pengaturan sistem computer untuk melakukan proses pengolahan data.
Ada tiga profesi yang sangat berkaitan dengan sistem computer, yaitu.
a.       Sistem analisis, yaitu orang yang bertugas membuat dan membangun fasilitas sistem.
b.      Programmer, yaitu orang yag bertugas menyusun intruksi bahasa program.
c.       Operator, yaitu orang yang bertugas menangani secara langsung penggunaan aplikasi.
B.     Menyiapkan Komputer yang Sesuai
Computer saat ini sudah menjadi kebutuhan primer setiap latihan. Khususnya para professional dan akademis. Hal inilah yang menyebabkan teknologi computer berkembang begitu cepat, bahkan semakin hari spesifikya semakin canggih. Sebagai konsumen, tentunya kita ingin mendapatkan seperangkat computer dengan spesifikasi yang maksimal, sesuai dengan kebutuhan, tetapi harga yang dikeluarkan minimal. Oleh karena itu , perhatikan beberapa hal yang perlu di pertimbangkan berikut.
1.      fungsionalitas
Jika ada menggunakan computer hanya untuk bekerja dengan aplikasi perkantoran ( pengolah kata, spredsheet dan presentation ), browsing, dan chatting , sudah cukup terpenuhi dengan menggunakan netbook. Apabila aplikasi yang digunakan berat, missal nya mengedit film, gambar, dan programming, anda bisa menggunakan desktop PC atau notebook. Dalam hal ini, notebook dan desktop PC diperuntukan bagi pencipta aplikasi ( content maker ), sedangkan netbook diperuntukan bagi pengguna aplikasi ( content user )
2.      Harga
Jika harganya sama, spesifikasi deskpot PC jauh lebih tinggi atau lebih baik dibandingkan notebook atau netbook.
3.      Mobilitas
Apabila dalam penggunaan computer sering berpindah pindah , tentunya notebook atau netbook menjadi piloihan yang lebih tepat.

4.      Desktop PC relative lebih mudah di-upgrade dan ditingkatan kemampuannya dibandingkan netbook dan notebook.

Comments

Popular posts from this blog

Komunikasi melalui surat

Tantangan dalam menjaga NKRI

Ciri ciri , prinsip prinsip dan syarat syarat etika profesi