Komunikasi Bisnis yang Efektif
KOMUNIKASI BISNIS YANG EFEKTIF
a.
Arti
Komunikasi
Komunikasi
adalah kunci keberhasilan berinteraksi dalam kehidupan dunia kerja. Bila
komunikasi berjalan efektif, maka arus informasi dalam dunia kerja pun akan
berjalan lancar, sehingga dapat mempercepat proses penyelesaian suatu
pekerjaan. Sebaliknya, jika komunikasi terhambat, arus informasi pun tersendat,
dan akibatnya tentu akan membuat suatu pekerjaan juga terlambat diselesaikan.
Dennis
Murphy dalam bukunya Better Business Communication, sebagaimana dikutip oleh
Drs. IG Wursanto (1994) dalam buku Etika Komunikasi Kantor mengatakan : “Communication
is the whole process used to reach other minds” (Komunikasi adalah seluruh
proses yang digunakan untuk mencapai pikiran-pikiran orang lain). Jadi
komunikasi berarti pemberitahuan pembicaraan, percakapan, pertukaran pikiran
atau hubungan. Dimana itu semua dalam upaya menyampaikan pesan, pendapat,
perasaan, atau memberikan berita atau informasi kepada orang lain. Berita atau
informasi itu dapat berupa perintah, saran, dan pendapat, baik dalam bentuk
ucapan langsung maupun dalam bentuk tulisan, gambar, kode, atau lainnya yang
berupa pengumuman, edaran, dan lain sebagainya.
Berikut
adalah beberapa pengertian komunikasi, antara lain :
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran
informasi antar individu melalui sistem yang biasa (lazim) baik dengan
simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian
dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan
harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang
diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi.
Komunikasi adalah sesuatu hal dasar yang
selalu dibutuhkan dan dilakukan oleh setiap insan manusia, karena berkomunikasi
merupakan dasar interaksi antar manusia untuk memperoleh kesepakatan dan
kesepahaman yang dibangun untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal diantara
kedua nya. Untuk mencapai usaha dalam berkomunikasi secara efektif, maka sebaiknya
kita harus mengetahui sejumlah pemahaman dan persoalan yang terjadi dalam
proses berkomunikasi itu sendiri.
b. Tujuan Komunikasi Perubahan sikap [attitude
change]
Perubahan pendapat [opinion change]
Perubahan perilaku [behaviour change]
Perubahan sosial [social change]
Ada empat tujuan atau
motif komunikasi yang perlu dikemukakan di sini. Motif atau tujuan ini tidak
perlu dikemukakan secara sadar, juga tidak perlu mereka yang terlibat
menyepakati tujuan komunikasi mereka. Tujuan dapat disadari ataupun tidak,
dapat dikenali ataupun tidak. Keempat tujuan tersebut adalah :
1.
Mengenal diri
2
Untuk meyakinkan
3
Untuk bermain
c.
Macam - Macam Komunikasi
Pada dasarnya setiap
orang dapat berkomunikasi satu sama lain karena manusia selain makhluk individu
juga sekaligus makhluk social yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi
dengan sesamanya. Namun tidak semua orang dapat secara terampil berkomunikasi,
oleh karena itu perlu dikenali berbagai cara penyampaian informasi.
- Menurut cara penyampaian informasi dapat
dibedakan menjadi :
a. Komunikasi Lisan
b. Komunikasi Tertulis
2
Komunikasi Menurut Kelangsungannya
Menurut Kelangsungannya, komunikasi dapat dibedakan menjadi :
a.
Komunikasi Langsung
b.
Komunikas Tidak Langsung
3
Komunikasi Menurut Prilaku
Komunikasi menurut prilaku dapat dibedakan menjadi :
a. Komunikasi Formal
b. Komunikasi Informal
c.
Komunikasi Nonformal
4
Komunikasi Menurut Maksud Komunikasi
Menurut maksud komunikasi dapat dibedakan sebagai berikut :
a. Berpidato
b. Memberi Ceramah
c. Memberi Prasaran
d. Wawancara
e. Memberi Perintah atau Tugas
Dengan demikian jelas
bahwa inisiatif komunikator menjadi faktor penentu, demikian pula kemampuan
komunikator tersebutlah yang memegang peranan keberhasilan proses komunikasinya.
5
Komunikasi Menurut Ruang Lingkup
Menurut Ruang Lingkupnya, komunikasi dapat dibedakan sebagai
berikut :
a.
Komunikasi Internal
b. . Komunikasi
Eksternal
6
Komunikasi Menurut Aliran Informasi
Komunikasi menurut Aliran Informasi dapat dibedakan menjadi :
a. Komunikasi satu arah ( simplex ), komunikasi yang berlangsung
satu pihak saja ( one way Communication ).
b. Komunikasi dua arah Komunikasi yang bersifat timbal balik ( two
ways communication ).
c. Komunikasi ke atas, komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada
atasan.
d. Komunikasi ke bawah, komunikasi yang terjadi dari atasan kepada
bawahan.
e. Komunikasi kesamping, komunikasi yang
terjadi diantara orang yang memiliki kedudukan sejajar.
7
Komunikasi Menurut Jaringan Kerja
Didalam sebuah
organisasi atau perusahaan, komunikasi akan terlaksana menurut system yang
ditetapkan dalam jaringan kerja. Komunikasi menurut
jaringan kerja ini dapat dibedakan menjadi :
a. Komunikasi jaringan kerja rantai, komunikasi terjadi menurut
saluran hirarki organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola
komunikasi formal.
b. Komunikasi jaringan kerja lingkaran, komunikasi terjadi melalui
saluran komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran.
c. Komunikasi jaringan bintang,
komunikasi ini terjadi melalui satu sentral dan saluran yang dilalui lebih
pendek.
8
Komunikasi Menurut Peranan Individu
Dalam komunikasi ini, peranan individu sangat mempengaruhi
keberhasilan proses komunikasinya. Ada beberapa macam antara lain :
a. Komunikasi antar individu dengan individu yang lain, komunikasi
ini terlaksana baik secara nonformal maupun informal, yang jelas individu yang
bertindak sebagai komunikator harus mampu mempengaruhi individu yang lain.
b. Komunikasi antar individu dengan lingkungan yang lebih luas,
komunikasi ini terjadi karena individu yang dimaksud memiliki kemampuan yang
tinggi untuk mengadakan hubungan dengan lingkungan yang lebih luas.
c. Komunikasi antar individu dengan dua
kelompok atau lebih, komunikasi ini individu berperan sebagai perantara antara
dua kelompok atau lebih, sehingga dituntut kemampuan yang prima untuk menjadi
penyelaras yang harmonis.
9
Komunikasi Menurut Jumlah Yang Berkomunikasi
Komunikasi menurut Jumlah yang berkomunikasi, dapat dibedakan
menjadi :
a. Komunikasi Perseorangan, komunikasi yang terjadi secara
perseorangan atau individual antara pribadi dengan pribadi tentang permasalahan
yang bersifat pribadi juga.
b. Komunikasi Kelompok, komunikasi yang
berlangsung dalam suatu kelompok atau grup tentang masalah-masalah yang
menyangkut kepentingan banyak orang dalam kelompok. Komunikasi ini lebih
terbuka dibandingkan dengan komunikasi perseorangan.
2
Unsur-unsur Komunikasi
Untuk itu dalam
proses komunikasi perlu memperhatikan unsur-unsur yang mutlak harus dipenuhi. Apabila
salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak akan terjadi.Komunikasi
meliputi 6 unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni :
1.
Komunikator = who [communicator, source, sender]
2.
Pesan = says what [message]
3.
Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever,
recipient]
4.
Konteks = in what contexs
5.
Media = in which channel [channel, media]
6.
Efek [effect, impact, influence]
3
Bentuk-bentuk Komunikasi
Pesan atau berita
yang disampaikan dalam berkomunikasi bisa dalam berkomunikasi bisa dalam
berbagai bentuk. Dimana bentuk pesan ini akan mempengaruhi pilihan
saluran/media yang cocok digunakan untuk menyampaikan berita tersebut. Ada tiga
macam bentuk berita:
a.
Berita yang bersifat Audible
b.
Berita yang bersifat Visual
c.
Berita yang bersifat Audio-Visual
4
Keterampilan Dasar Berkomunikasi
Untuk dapat
mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara
personal maupun professional paling tidak kita harus menguasai empat jenis
keterampilan dasar dalam berkomunikasi, yaitu :
a. menulis,
b. membaca,
c. berbicara;
d. mendengar
Persentase penggunaan
saluran komunikasi adalah sebagai berikut :
a. Menulis (writing): 9%
b. Mendengarkan (listening): 45%
c. Membaca (reading) : 16%
d. Berbicara (speaking) : 30%
5
Proses Komunikasi
Menurut Courtland L
Bovee dan Jhon V. Thilt dalam Business Communication Today, proses
komunikasi ( Comunication Process ) terdiri atas enam tahap, yaitu :
a. Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
b. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
c. Pengirim menyampaikan pesan.
d. Penerima menerima pesan
e. Penerima menafsirkan pesan
f. Penerima memberi tanggapan dan
mengirim umpan balik kepada pengirim
Best Casino Apps in California - JTHub
ReplyDeleteThe 양주 출장샵 Best Casino Apps 광주 출장마사지 for Android · 1. PokerStars 포항 출장마사지 Casino · 2. 과천 출장마사지 Vegas Slots Casino · 3. Slotocash Casino · 4. Vegas Slots Casino · 5. 상주 출장마사지 Best for Poker